#
#

LKPP Rilis Aplikasi Vendor Direktori Penyedia Barang/Jasa

Haris 06 Februari 2017 167 Views P3I Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia sosialisasi jawa barat jabar syarat honor asistensi lpse jabfung e-katalog pengadaan barang jasa pengadaan pemerintah pengadaan ulp provinsi kaltim lkpp kaltim ulp ulp kaltim

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) merilis aplikasi yang diberi nama "Vendor Directory". Aplikasi berbasis web ini berisi informasi tentang data umum penyedia barang/jasa di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, penyedia barang/jasa bisa mempromosikan dan memperkenalkan bidang usahanya baik perseorangan ataupun badan usaha secara online. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan Iklim Usaha dan Kerja Sama Internasional LKPP Gusmelinda Rahmi yang menyatakan bahwa aplikasi ini dikembangkan sebagai media promosi bagi penyedia barang/jasa untuk memperkenalkan bidang usahanya,

“Penyedia yang mendaftar tidak harus menjadi mitra pemerintah, siapa pun yang memiliki usaha baik itu perorangan atau badan usaha di Indonesia, dapat mendaftarkan usahanya di aplikasi Vendor Directory”, ujarnya.
 Di sisi lain, aplikasi ini akan memudahkan para pengelola pengadaan untuk melakukan verifikasi data apabila para penyedia bermitra dengan pemerintah. Pengelola pengadaan dapat mengecek data-data umum seperti alamat, website, deskripsi singkat badan usaha, nomor telepon, klasifikasi dan jenis bidang usaha, dan peta lokasi industri atau kantornya di dalam Google Maps.

Untuk menjaring lebih banyak penyedia masuk ke dalam aplikasi, Vendor Directory menyediakan sejumlah fitur mutakhir seperti peta lokasi untuk memudahkan pencarian; fitur informasi timeline updates di halaman utama yang dapat digunakan untuk mengetahui perubahan terbaru dari penyedia yang telah terdaftar secara langsung; serta fitur video di halaman depan untuk mempromosikan profil perusahaan.

Bagi penyedia yang akan mengajukan pendaftaran dapat mengakses laman https://direktori.lkpp.go.id

Setelah melakukan pendaftaran, penyedia akan menerima konfirmasi melalui email dan bisa melakukan login. Langkah selanjutnya, penyedia mengisi kelengkapan data bidang usaha. Apabila dirasa sudah lengkap dan disetujui secara mandiri, maka data penyedia akan tertera di halaman depan aplikasi.

Gusmelinda optimistis, melalui fitur-fitur tersebut, aplikasi ini akan berisi jutaan database vendor dalam beberapa waktu ke depan dengan klasifikasi bisnis yang selalu diperbarui secara berkala.

“Pasar pengadaan pemerintah sangat besar, sementara vendor/penyedia barang/jasa tersebar di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan pengadaan menjadi lebih kredibel. Vendor Directory diharapkan akan menjadi tren pengadaan barang/jasa pemerintah yang lebih mutakhir, “ ujarnya.

Untuk informasi selengkapnya tentang aplikasi Vendor Directory, anda dapat mengirimkan email ke direktori.lkpp@gmail.com, atau kunjungi Gedung LKPP Kompleks Rasuna Epicentrum, Jl. Epicentrum Tengah Lot 11 B, Jakarta Selatan, Kode Pos 12940.