#
#

5 Poin Bocoran Perpres Pengadaan Barang dan Jasa Terbaru Perubahan Keenam

Haris 20 April 2017 410 Views P3I Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia sosialisasi jawa barat jabar syarat honor asistensi lpse jabfung e-katalog pengadaan barang jasa pengadaan pemerintah pengadaan ulp provinsi kaltim lkpp kaltim ulp ulp kaltim

Rencana perubahan Perpres Pengadaan Barang/Jasa terbaru akan rampung sebentar lagi. Poin-poin perubahan keenam Perpres 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah disampaikan oleh Agus Prabowo dalam pembukaan acara IAPI Procurement Forum & Expo 2017. Expo yang mempertemukan antar stakeholder, yakni penyedia barang/jasa pemerintah dengan lembaga pemerintahan ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 17-19 April 2017 di Hall C1 – C2 JIExpo Kemayoran Jakarta.

Agus menyampaikan ada lima poin “bocoran” tentang kemana arah pengadaan barang/jasa pemerintah dalam perpres terbaru ini. Berikut ini 5 poin bocoran Perpres PBJ terbaru (Perubahan Keenam).

  1. Menyederhanakan/meringkas pasal-pasal dalam struktur perpres.
  2. Mengubah paradigma “paling efisien” menjadi value for money
  3. Mengadopsi mekanisme pasar.
  4. Membentuk lembaga Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ); dan
  5. Memperkenalkan lembaga independen pengadaan/ procurement agent.
Jika aturan tersebut disahkan, Agus mengharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan pengadaan untuk bersiap-siap menghadapi kebijakan yang lebih terbuka dan transparan yang bisa disebut crowd control. Ia mencontohkan e-katalog LKPP yang memiliki ciri-ciri sifat crowd control. “Speknya dibuka, harganya dibuka, penyedianya dibuka, NPWP dibuka, alamatnya dibuka, siapa orangnya itu’, pungkasnya.